Ticker

6/recent/ticker-posts

Tayammum (Bagian 1)


 Image result for tayamum


a.     Pengertian Tayamum

Menurut arti bahasa tayamum adalah menyengaja. Menurut syara’ tayamum adalah menyengaja mengusap muka dan kedua tangan sampai siku dengan debu yang suci dengan syarat-syarat tertentu. 

Tayamum adalah cara bersuci yang menjadi pengganti wudlu atau mandi dan sebagai rukhsah (keringanan) dari Allah swt bagi orang yang tidak dapat memakai air karena beberapa halangan (udzur). Dengan demikian manusia tetap bisa melaksanakan shalat dan ibadah lainnya walaupun tidak ada air. Allah swt berfirman:
وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَى أَوْ عَلَى سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ (المائدة: 6)
“…dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, Maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur. (QS. Al-Maidah: 6)

b.     Syarat-syarat Tayamun 
            1. Adanya udzur (halangan), yaitu:

·        Udzur karena sakit, yaitu apabila memakai air maka akan bertambah parah atau lambat sembuhnya menurut keterangan dokter ahli.
·        Karena dalam perjalanan (musafir).
·        Karena tidak ada air atau ada air tapi air tersebut dibutuhkan untuk hal yang lebih penting dan mendesak, misalnya untuk diminum. 
2.  Sudah masuk waktu shalat. Karena tayamum itu disyariatkan bagi orang yang dalam keadaan terpaksa. Sebelum masuk waktunya shalat, maka ia belum terpaksa, sebab shalat belum wajib atasnya ketika itu. 
3.   Sudah berusaha mencari air, setelah masuk waktu shalat, tapi belum mendapatkan
4.  Menggunakan tanah yang suci dan berdebu serta tidak bercampuran dengan benda lain. 
5.  Menghilangkan najis yang mungkin melekat pada tubuh sebelum tayamum. 

Post a Comment

0 Comments