Ticker

6/recent/ticker-posts

Contoh RPP Fikih (SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor 5164 Tahun 2018)

 

 



Madrasah

:

 

Mapel/Tema

:

FIQIH/Sucikanlah Lahir dan Batinmu, Gapailah Cinta Tuhanmu

Kelas/Semester

:

VII/1

Alokasi Waktu

:

4 x 40 (2 x pertemuan)

 

I

TUJUAN PEMBELAJARAN

 

Melalui kegiatan pengamatan, kerja kelompok, kajian pustaka, ceramah, diskusi dan demonstrasi; dan selalu berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif, siswa dapat:

1.     Merumuskan arti taharah, najis, hadas dan dalilnya

2.     Menyebutkan macam-macam najis dan hadas dan contohnya

3.     Membedakan tata cara bersuci dari najis dan hadas

4.     Menjelaskan ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar,

5.     Memperagakan tata cara bersuci dari najis dan hadas; dengan tetap mengutamakan sikap kerjasama, disiplin, jujur dan tanggung jawab dengan ridha Allah.

 

II

KOMPETENSI DASAR

 

1.1.

Meyakini pentingnya bersuci dari hadas dan najis

 

2.1.

Membiasakan diri bersuci dari hadas dan najis

 

3.1.

Memahami hadas dan najis dan tata cara menyucikannya

 

4.1.

Mendemonstrasikan tata cara bersuci dari hadas dan najis

 

 

 

III

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

 

1.     Meyakini pentingnya bersuci dari hadas dan najis

2.     Membiasakan diri berperilaku bersih sebagai implementasi dari pemahaman tentang tata cara bersuci

3.     Memahami hadas dan najis dan tata cara menyucikanya

4.     Mendemonstrasikan tata cara bersuci dari hadas dan najis

 

IV

MATERI PEMBELAJARAN

 

Terlampir

 

 

V

METODE PEMBELAJARAN

 

Pendekatan

:

Scientific dan Kontekstual

 

Model

:

Problem Based Learning

 

Strategi          

:

Cooperative Learning

 

Metode           

:

Diskusi

 

 

 

 

VI

MEDIA/ALAT, BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR

 

1.     Media : Papan tulis dan media presentasi

2.     Sumber belajar : Buku Fikih Guru dan Siswa Pendekatan Saintifik Kurikukum 2013 Kementerian Agama 2014

3.     Kitab Fiqih Klasik dan Modern (Fathul Qarib dan Fikih Islam)

4.     Gambar peta konsep sesuai materi 

5.     Akses internet dan multimedia sesuai materi  pembelajaran

6.     Alat peraga, bahan, alat yang relevan

7.     Lembar observasi dan Lembar penilaian

8.     Sumber online lainnya.

 

 

VII

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan Ke 1

 

Pendahuluan

1.     Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.

2.     Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran

3.     Guru memberikan informasi tentang tujuan yang akan dilakukan dalam diskusi kelompok.

4.     Guru memberikan motivasi siswa agar aktif dalam diskusi

5.     Guru menyampaikan stimulan berupa fenomena dan problematika yang terjadi di masyarakat untuk memasuki proses.

6.     Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok dan meminta untuk menggunakan idenya sendiri dalam menjawab dan menyelesaikan masalah yang akan diberikan.

 

Kegiatan inti

§  Kegiatan 1 Mengamati

1.     Guru meminta siswa untuk mengamati tayangan video yang berkaitan dengan materi Sumber Video:

a.      https://www.youtube.com/watch?v=8SPcX4uHAAw (5 Kota Terbersih di Dunia)

b.      https://www.youtube.com/watch?v=bGROkBsX3Z8 (Thaharah : macam-macam air untuk bersuci)

c.      https://www.youtube.com/watch?v=X9EAT0ANL0w&t=126s (Cara Menghilangkan Najis)

§  Kegiatan 2 Menanya

2.     Setelah mengamati dan memperhatikan video, Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang masih belum jelas dan permasalahan yang terdapat dalam video tersebut. 

§  Kegiatan 3 Mengumpulkan Data/Informasi

3.     Guru memberikan waktu dan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan jawaban pertanyaan tersebut dan permasalahan-permasalahan hukum yang berkaitan dengan thaharah yang terdapat dalam video dengan mencari berbagai referensi baik yang cetak maupun yang berbasis online yang dapat dipertanggungjawabkan.

§  Kegiatan 4 Menganilisi (menalar) Data/Informasi

4.     Siswa menganalisis dan merumuskan jawaban dari hasil pengumpulan data dan informasi untuk dipresentasikan kepada kelompok lain.

§  Kegiatan 5. Mengkomunikasikan Data/Informasi

5.     Guru secara rundom meminta salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil rumusan diskusinya, kelompok yang lain menyimak dan mendengarkan presentasi.

6.     Guru memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk menanggapi, mempertanyakan, mengoreksi, mengkritisi, menyanggah, memberikan tambahan, atau melengkapi informasi pemaparan dan pendapat kelompok lain disertai dengan argument-argumennya yang logis dan solutif yang dilengkapi dengan referensi yang dapat dipertanggungjawabkan.

7.     Guru memberikan refleksi atau evaluasi terhadap presentasi, jawaban atau proses jalannya diskusi, serta memberikan penjelasan tambahan, meluruskan dan penguatan yang dikemukakan siswa tentang materi tersebut.

8.     Guru menyampaikan gambaran teknis tata cara bersuci dari najis dan tata cara wudhu yang baik dan benar.

9.     Untuk memperkuat pemahaman tentang pelaksanaan tata cara bersuci dari hadas dan najis, Guru meminta siswa untuk mendemontrasikan bersuci dari najis dan tatacara berwudhu yang baik dan benar.

 

Penutup

1.      Guru bersama siswa membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.

2.      Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.

3.      Guru memberi apresiasi terhadap hasil kerja siswa

4.      Siswa mendengarkan arahan Guru untuk materi pada pertemuan berikutnya

5.      Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa

 

 

Pertemuan Ke 2

 

Pendahuluan

1.     Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.

2.     Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran

3.     Guru memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar ketentuan taharah.

4.     Guru memberikan motivasi siswa agar aktif dalam diskusi

5.     Guru menggunakan metode kooperatif, antara lain diskusi dalam bentuk the educational diagnosis meeting. Artinya, siswa berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar.

 

Kegiatan inti

§  Kegiatan 1 Mengamati

1.     Guru meminta siswa untuk mengamati tayangan video yang berkaitan dengan materi Sumber Video:

d.      https://www.youtube.com/watch?v=8SPcX4uHAAw&t=95s (Cara Menghilangkan Hadas)

e.      https://www.youtube.com/watch?v=4tDLtpJHCu0&t=127s (10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Berwudhu)

f.       https://www.youtube.com/watch?v=zSnaaW_4_Yw (Cara Bertayammum).

g.      https://www.youtube.com/watch?v=tbedjQW1GPI (Tata Cara Mandi Junub)

§  Kegiatan 2 Menanya

2.     Setelah mengamati dan memperhatikan video, Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang masih belum jelas yang terdapat dalam video tersebut. 

§  Kegiatan 3 Mengumpulkan Data/Informasi

3.     Guru memberikan waktu dan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan jawaban pertanyaan tersebut dan permasalahan-permasalahan hukum yang berkaitan dengan thaharah (Wudhu’ Tayammum dan Mandi) yang terdapat dalam video dengan mencari berbagai referensi baik yang cetak maupun yang berbasis online yang dapat dipertanggungjawabkan.

§  Kegiatan 4 Menganilisi (menalar) Data/Informasi

4.     Siswa menganalisis dan merumuskan jawaban dari hasil pengumpulan data dan informasi untuk dipresentasikan kepada kelompok lain.

§  Kegiatan 5. Mengkomunikasikan Data/Informasi

5.     Guru secara rundom meminta salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil rumusan diskusinya, kelompok yang lain menyimak dan mendengarkan presentasi.

6.     Guru memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk menanggapi, mempertanyakan, mengoreksi, mengkritisi, menyanggah, memberikan tambahan, atau melengkapi informasi pemaparan dan pendapat kelompok lain disertai dengan argument-argumennya yang logis dan solutif yang dilengkapi dengan referensi yang dapat dipertanggungjawabkan.

7.     Guru memberikan refleksi atau evaluasi terhadap presentasi, jawaban atau proses jalannya diskusi, serta memberikan penjelasan tambahan, meluruskan dan penguatan yang dikemukakan siswa tentang materi tersebut.

8.     Guru menyampaikan gambaran teknis tata cara bersuci dari najis dan tata cara wudhu yang baik dan benar.

9.     Untuk memperkuat pemahaman tentang pelaksanaan tata cara bersuci dari hadas dan najis, Guru meminta siswa untuk mendemontrasikan bersuci dari najis dan tatacara berwudhu yang baik dan benar.

 

Penutup

1.      Guru bersama siswa membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari.

2.      Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.

3.      Guru memberi apresiasi terhadap hasil kerja siswa

4.      Siswa mendengarkan arahan Guru untuk materi pada pertemuan berikutnya

5.      Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa

 

Post a Comment

0 Comments