Madrasah |
: |
|
Mapel/Tema |
: |
FIQIH/Sucikanlah Lahir dan Batinmu, Gapailah Cinta Tuhanmu |
Kelas/Semester |
: |
VII/1 |
Alokasi Waktu |
: |
4 x 40 (2 x pertemuan) |
I |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
|
Melalui kegiatan
pengamatan, kerja kelompok, kajian pustaka, ceramah, diskusi dan demonstrasi;
dan selalu berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif, siswa
dapat: 1. Merumuskan arti taharah, najis, hadas dan dalilnya 2. Menyebutkan macam-macam najis dan hadas dan contohnya 3. Membedakan tata cara bersuci dari najis dan hadas 4. Menjelaskan ketentuan bersuci dari hadas
kecil dan hadas besar, 5. Memperagakan tata cara bersuci dari najis
dan hadas; dengan tetap
mengutamakan sikap kerjasama, disiplin, jujur dan tanggung jawab dengan ridha
Allah. |
II |
KOMPETENSI DASAR |
|
|
1.1. |
Meyakini
pentingnya bersuci dari hadas dan najis |
|
2.1. |
Membiasakan diri bersuci dari hadas dan
najis |
|
3.1. |
Memahami
hadas dan najis dan tata cara menyucikannya |
|
4.1. |
Mendemonstrasikan tata cara bersuci dari hadas dan najis |
|
|
|
III |
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI |
|
|
1. Meyakini pentingnya
bersuci dari hadas dan najis 2. Membiasakan diri
berperilaku bersih sebagai implementasi dari pemahaman tentang tata cara
bersuci 3. Memahami hadas dan
najis dan tata cara menyucikanya 4. Mendemonstrasikan
tata cara bersuci dari hadas dan najis |
IV |
MATERI
PEMBELAJARAN |
||
|
Terlampir |
||
|
|
||
V |
METODE
PEMBELAJARAN |
||
|
Pendekatan |
: |
Scientific dan
Kontekstual |
|
Model |
: |
Problem Based Learning |
|
Strategi |
: |
Cooperative Learning |
|
Metode |
: |
Diskusi |
|
|
|
|
VI |
MEDIA/ALAT,
BAHAN, DAN SUMBER BELAJAR |
||
|
1. Media : Papan tulis dan media presentasi 2. Sumber belajar : Buku Fikih Guru dan
Siswa Pendekatan Saintifik Kurikukum 2013 Kementerian Agama 2014 3. Kitab Fiqih Klasik dan Modern (Fathul
Qarib dan Fikih Islam) 4. Gambar peta konsep sesuai materi 5. Akses internet dan multimedia sesuai
materi pembelajaran 6. Alat peraga, bahan, alat yang relevan 7. Lembar observasi dan Lembar penilaian 8. Sumber online lainnya. |
||
|
|
||
VII |
KEGIATAN PEMBELAJARAN Pertemuan Ke 1 |
||
|
Pendahuluan 1.
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama. 2.
Guru
memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran 3.
Guru
memberikan informasi tentang tujuan yang akan dilakukan dalam diskusi kelompok. 4.
Guru memberikan motivasi siswa agar aktif dalam diskusi 5.
Guru
menyampaikan stimulan berupa fenomena dan problematika yang terjadi di masyarakat untuk
memasuki proses. 6.
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok dan meminta untuk
menggunakan idenya sendiri dalam menjawab dan menyelesaikan masalah yang akan
diberikan. |
||
|
Kegiatan inti § Kegiatan 1 Mengamati 1.
Guru meminta siswa untuk
mengamati tayangan video yang berkaitan dengan materi Sumber Video: a.
https://www.youtube.com/watch?v=8SPcX4uHAAw (5 Kota Terbersih di Dunia) b.
https://www.youtube.com/watch?v=bGROkBsX3Z8 (Thaharah
: macam-macam air untuk bersuci) c.
https://www.youtube.com/watch?v=X9EAT0ANL0w&t=126s
(Cara
Menghilangkan Najis) §
Kegiatan 2
Menanya 2. Setelah
mengamati dan memperhatikan video, Guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk menanyakan hal-hal yang masih belum jelas dan permasalahan
yang terdapat dalam video
tersebut. §
Kegiatan 3 Mengumpulkan Data/Informasi 3. Guru memberikan
waktu dan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan jawaban
pertanyaan tersebut dan permasalahan-permasalahan hukum yang
berkaitan dengan thaharah yang terdapat dalam video dengan mencari berbagai
referensi baik yang cetak maupun yang berbasis online yang dapat
dipertanggungjawabkan. §
Kegiatan 4 Menganilisi (menalar) Data/Informasi 4. Siswa menganalisis dan merumuskan jawaban dari hasil
pengumpulan data dan informasi
untuk dipresentasikan kepada kelompok lain. §
Kegiatan 5. Mengkomunikasikan Data/Informasi 5. Guru secara rundom meminta salah satu kelompok untuk
mempresentasikan hasil rumusan diskusinya, kelompok yang lain menyimak dan
mendengarkan presentasi. 6. Guru memberikan kesempatan kepada
kelompok lain untuk menanggapi, mempertanyakan, mengoreksi,
mengkritisi, menyanggah,
memberikan tambahan, atau melengkapi informasi pemaparan dan pendapat kelompok
lain disertai dengan argument-argumennya yang logis dan solutif yang
dilengkapi dengan referensi yang dapat dipertanggungjawabkan. 7. Guru memberikan refleksi
atau evaluasi terhadap presentasi, jawaban atau proses jalannya diskusi,
serta memberikan penjelasan tambahan, meluruskan dan penguatan
yang dikemukakan siswa tentang materi tersebut. 8. Guru
menyampaikan gambaran teknis tata cara bersuci dari najis
dan tata cara wudhu yang baik
dan benar. 9. Untuk
memperkuat pemahaman tentang pelaksanaan tata cara bersuci dari hadas dan
najis, Guru meminta siswa untuk mendemontrasikan bersuci
dari najis dan tatacara berwudhu yang baik dan benar. |
||
|
Penutup 1.
Guru
bersama siswa membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari. 2.
Bersama-sama
melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. 3.
Guru
memberi apresiasi terhadap hasil kerja siswa 4.
Siswa
mendengarkan arahan Guru
untuk materi pada pertemuan
berikutnya 5.
Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa |
|
Pertemuan Ke 2 |
|
Pendahuluan 1.
Guru
mengucapkan salam dan berdoa bersama. 2.
Guru
memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran 3.
Guru
memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar ketentuan
taharah. 4.
Guru memberikan motivasi siswa agar aktif dalam diskusi 5.
Guru
menggunakan metode kooperatif, antara lain diskusi dalam bentuk the
educational diagnosis meeting. Artinya, siswa berbincang mengenai
pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas
pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman
yang benar. |
|
Kegiatan inti § Kegiatan 1 Mengamati 1.
Guru meminta siswa untuk
mengamati tayangan video yang berkaitan dengan materi Sumber Video: d.
https://www.youtube.com/watch?v=8SPcX4uHAAw&t=95s (Cara Menghilangkan Hadas) e.
https://www.youtube.com/watch?v=4tDLtpJHCu0&t=127s (10 Kesalahan yang
Sering Dilakukan Ketika Berwudhu) f.
https://www.youtube.com/watch?v=zSnaaW_4_Yw (Cara
Bertayammum). g.
https://www.youtube.com/watch?v=tbedjQW1GPI (Tata Cara
Mandi Junub) §
Kegiatan 2
Menanya 2. Setelah
mengamati dan memperhatikan video, Guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk menanyakan hal-hal yang masih belum jelas yang terdapat dalam video
tersebut. §
Kegiatan 3 Mengumpulkan Data/Informasi 3. Guru memberikan
waktu dan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan jawaban
pertanyaan tersebut dan permasalahan-permasalahan hukum yang
berkaitan dengan thaharah (Wudhu’ Tayammum dan Mandi) yang terdapat dalam video dengan
mencari berbagai referensi baik yang cetak maupun yang berbasis online
yang dapat dipertanggungjawabkan. §
Kegiatan 4 Menganilisi (menalar) Data/Informasi 4. Siswa menganalisis dan merumuskan jawaban dari hasil
pengumpulan data dan informasi
untuk dipresentasikan kepada kelompok lain. §
Kegiatan 5. Mengkomunikasikan Data/Informasi 5. Guru secara rundom meminta salah satu kelompok untuk
mempresentasikan hasil rumusan diskusinya, kelompok yang lain menyimak dan
mendengarkan presentasi. 6. Guru memberikan kesempatan kepada
kelompok lain untuk menanggapi, mempertanyakan, mengoreksi,
mengkritisi, menyanggah,
memberikan tambahan, atau melengkapi informasi pemaparan dan pendapat kelompok
lain disertai dengan argument-argumennya yang logis dan solutif yang
dilengkapi dengan referensi yang dapat dipertanggungjawabkan. 7. Guru
memberikan refleksi atau evaluasi terhadap presentasi, jawaban atau
proses jalannya diskusi, serta memberikan penjelasan tambahan,
meluruskan dan penguatan
yang dikemukakan siswa tentang materi tersebut. 8. Guru
menyampaikan gambaran teknis tata cara bersuci dari najis
dan tata cara wudhu yang baik
dan benar. 9. Untuk
memperkuat pemahaman tentang pelaksanaan tata cara bersuci dari hadas dan
najis, Guru meminta siswa untuk mendemontrasikan
bersuci dari najis dan tatacara berwudhu yang baik dan benar. |
|
Penutup 1.
Guru
bersama siswa membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari. 2.
Bersama-sama
melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. 3.
Guru
memberi apresiasi terhadap hasil kerja siswa 4.
Siswa
mendengarkan arahan Guru
untuk materi pada
pertemuan berikutnya 5.
Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa |
0 Comments